Toyota Agya

posted in: News & Article, Toyota Agya | 0

Toyota Agya

Spesifikasi dan Harga Toyota Agya

Spesifikasi dan Harga Toyota Agya – Pertama kali diluncurkan pada tahun 2013, baik Toyota Agya maupun kembarannya Daihatsu Ayla berhasil menjadi trendsetter di segmen Low Cost Green Car (LCGC) yang saat itu belum populer di Indonesia. Kesuksesan duet kembar Ayla dan Agya membuat beberapa pabrikan ikut meramaikan segmen LCGC. Setelah Toyota Agya dan juga Daihatsu Agya, munculah beberapa varian LCGC merek lain, seperti Suzuki Karimun Wagon R serta Honda Brio. Konsep yang ingin dituangkan lewat LCGC Agya memang sangat dipahami oleh PT Astra Toyota. Toyota berhasil menghadirkan sosok mobil LCGC dengan konsep city car yang memilki bodi kompak dan cukup handal untuk dipakai di daerah perkotaan. Jika dibandingkan dengan dua merek rivalnya, Suzuki Karimun Wagon R dan juga Honda Brio, memang Toyota Agya memiliki bodi yang terlihat lebih mini. Namun hal itu justru menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki Agya karena berbekal bodi yang mungil tersebut menjadikannya sangat asyik saat diajak melaju di jalanan perkotaan yang ramai. Persepsi mobil LCGC yang dicap “ringkih” pun berhasil dipatahkan oleh Toyota lewat mobil LCGC andalannya ini. Ya, untuk seri Toyota Agya ini, PT Astra Toyota meraciknya dengan menyertakan unsur-unsur safety dan kenyamanan. Jadi, tak heran jika akhirnya Agya menjadi salah satu varian yang diandalkan oleh Toyota dengan penjualan mencapai 4.172 unit.

kepopuleran Toyota Agya jika dibandingkan dengan seri kendaraan LCGC lainnya memang tak bisa dianggap remeh. Jika Honda Brio diklaim lebih cocok bagi pengendara yang berjiwa muda, maka Agya hadir dengan segmen yang lebih umum. Secara kualitas pun Toyota Agya juga memiliki standar yang cukup bagus. Dari hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh ASEAN NCAP, Agya mendapatkan hasil yang cukup positif dengan nilai 4 dari 5. Pastinya, dengan hasil tersebut perlahan persepsi miring soal LCGC bisa terbantahkan. Apalagi melihat kredibiltas ASEAN NCAP sebagai badan sertifikasi keamanan mobil resmi di Asia Tenggara. Selain tingkat kelayakannya yang sudah bersertifikat resmi, Toyota Agya pun juga memiliki performa dan fitur yang tak kalah dengan LCGC keluaran pabrikan lain. Sebagai salah satu pionir di segmen LCGC, Agya memang dibekali dengan spesifikasi mesin dan kelengkapan fitur yang cukup baik. Kali ini Toyota mengandalkan mesin seri 1KR 12 yang merupakan mesin DOHC 3 silinder 12 katup. Mesin yang menjadi pusat tenaga Toyota Agya tersebut memiliki kapasitas 1.000 cc yang cukup handal untuk penggunaan di daerah perkotaan. Selain mesin yang cukup tangguh, Toyota pun membekali Agya dengan fitur-fitur canggih semisal dual SRS airbags, Audio DIN untuk tipe E dan G, AC, ISOFIX serta electric mirror untuk tipe Toyota Agya TRD S. Bila dibandingkan dengan Suzuki Karimun Wagon R atau kembarannya Daihatsu Ayla, memang secara umum Agya memiliki kualitas yang seimbang karena sama-sama merupakan seri kendaraan jenis LCGC. Kelebihan yang dimiliki Agya tentunya bodinya yang lebih kompak dan cocok untuk semua pengendara. Apalagi, kinerja mesin besutan Toyota sudah tak bisa diragukan lagi. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini Mas Sena punya ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Toyota Agya yang pastinya sayang untuk anda lewatkan.

Spesifikasi Toyota Agya
City Car dengan Desain Body Kompak yang Stylish

Secara kasat mata, tampilan fisik dari spesifikasi Toyota Agya ini akan membawa kita pada sosok city car yang kompak dan menyenangkan untuk dikendarai. Seperti tagline Toyota “Totally You” pada Agya, mobil ini sebisa mungkin memang disesuaikan dengan karakter pengemudinya. Untuk Toyota Agya tipe E dan G, tampilan eksteriornya memang terlihat sama. Agya tipe E dan G memiliki konsep desain bodi yang tergolong rendah, tak seperti Suzuki Karimun Wagon R yang menjulang tinggi. Bagian fascia Toyota Agya tipe E dan G hadir dengan bentuk lampu utama yang cukup lebar, lalu disatukan dengan panel grill aluminium yang memiliki bentuk melengkung ke bawah. Wajah Agya tipe tersebut juga dipermanis dengan desain foglamp kecil di bagian ujung bawah yang memiliki rumah berbentuk segitiga miring. Berpindah ke bagian samping, Toyota Agya memiliki desain bodi samping khas Toyota dengan aksen bodi minimalis dilengkapi oleh panel krom yang melintang pada pintunya. Sementara itu, untuk Agya tipe TRD S, secara umum konsep desain bodinya masih sama. Namun hanya saja Toyota Agya TRD S dilengkapi dengan unit body kit pada bagian bawah yang membuatnya memiliki tampilan lebih sporty. Selain itu, Agya tipe TRD S juga dibekali dengan electric outer mirror. Berpindah ke bagian buritan, ketiga tipe Toyota Agya ini sebenarnya memiliki konsep desain bagian belakang yang sama. Buritan Agya masing-masing tipe tampil dengan sentuhan gaya minimalis lewat lampu utama yang berbentuk tegak. Kecuali pada tipe TRD S, konsep buritan Agya memang nampak ‘melompong’ dan tak terlalu ramai dengan penambahan aksesoris. Desain kaca yang berbentuk persegi panjang melengkung pun berpadu cantik dengan konsep bodi pada spesifikasi Toyota Agya yang berbentuk elips.